Kulkas Berbau Tak Sedap? Hilangkan dengan Bahan-bahan Ini!

Apabila Anda telah lupa makanan dan barang apa saja yang Anda simpan di dalam kulkas dan sudah berapa lama barang-barang tersebut berada di dalam sana, tak heran jika suatu hari Anda akan mencium bau tak sedap ketika pintu kulkas Anda terbuka. Bahkan ketika Anda telah membersihkan penyebab dari bau tidak sedap tersebut, bau busuk masih tetap tercium dari kulkas Anda sampai berminggu-minggu setelahnya. Ditambah lagi makanan-makanan yang masih segar dan belum basi dapat terpapar bau tidak sedap tersebut.

Hal ini membuat urusan membersihkan kulkas yang berbau tidak sedap tak semudah kelihatannya. Sebaiknya jangan mulai membersihkan kulkas sebelum Anda mengetahui sumber bau tak sedap tersebut dan membuangnya. Temukan makanan yang telah kadaluwarsa atau makanan yang telah berada di dalam kulkas lebih dari satu minggu lamanya. Hirup aromanya, dan segera buang jika bau busuk sudah mulai tercium dari makanan tersebut. Tidak hanya dengan menghirup aromanya, Anda harus memperhatikan apakah makanan tersebut sudah berubah warna dan jamur mulai tumbuh di permukaannya. Cek juga bagian laci kulkas dan perhatikan apakah makanan yang Anda simpan di sana telah busuk dan berair.

Selanjutnya, keluarkan seluruh isi kulkas, dan taruh di baskom besar. Setelah itu, barulah lepaskan rak dan bersihkan rak tersebut dengan air panas dan sabun. Kemudian, disinfeksiraktadi dengan menggunakan 1 sendok makan klorin dan satu gallon air, keringkan. Kini waktunya untuk membersihkan bagian dalam kulkas. Cuci bagian dinding, lantai, dan langit-langit kulkas, sampai kebagian rak pintu sampai bersih. Keringkan dengan menggunakan handuk atau lap kering dan letakkan semua barang kembali pada tempatnya, baik itu rak maupun makanan yang masih layak.

Namun, jika bau tak sedap tetap tercium, berikut adalah beberapa bahan yang dapat berguna bagi Anda!

  1. Gunakan baking soda

Sediakan kertas alas kue, dan taburkan bubuk baking soda di atasnya. Setelah itu, taruh kertas yang telah ditaburi bubuk baking soda tersebut di rak kulkas selama semalam, dan bau tak sedap dijamin hilang.

 

  1. Gunakan bubuk kopi segar

Jika Anda tak memiliki baking soda di rumah, Anda dapat menggantinya dengan menggunakan bubuk kopi segar untuk menghilangkan bau tak sedap dari kulkas Anda. Metodenya kurang lebih sama, yaitu Anda hanya perlu menyiapkan satu helai kertas alas kue, kemudian menaburkan bubuk kopi di atasnya. Taruh kertas alas kue ini di bagian lantai kulkas. Dalam semalam, bau busuk akan tergantikan dengan wangi aroma kopi.

 

  1. Gunakan active carbon atau activated charcoal

Selain baking soda dan bubuk kopi, bahan lain yang juga bermanfaat untuk menghilangkan bau busuk adalah bubuk karbon aktif atau activated charcoal. Bahan ini mungkin belum banyak tersedia di pasar swalayan di Indonesia, namun Anda dapat menemukannya dengan mudah di berbagai situs jual beli online. Cara menggunakannya pun juga cukup mudah. Seperti halnya tips pertama dan kedua, Anda hanya perlu menaburkannya pada selembar kertas alas kue, dan menaruhnya dalam kulkas yang bau.

 

  1. Gunakan minyak ekstrak vanilla

Alternatif lain yang juga dapat Anda gunakan adalah minyak ekstrak vanilla. Jika Anda begitu menyukai aroma vanila, mungkin tips yang satu ini patut Anda coba. Anda dapat menaruh minyak ekstrak vanila ini di dalam wadah ceper terbuka dan tinggalkan wadah tersebut di dalam kulkas selama satu sampai tiga hari, dan buktikan apakah bau busuk dalam kulkas dapat terganti dengan aroma vanila.

Apabila kulkas Anda masih dalam masa garansi dan Anda tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan hal-hal di atas, Anda dapat menghubungi pihak produsen kulkas Anda. Mereka akan membantu Anda menghilangkan bau tak sedap yang bersarang di kulkas baru Anda. Namun jika kulkas Anda sudah cukup lama, maka Anda perlu mengeluarkan sedikit uang untuk memanggil ahli perbaikan kulkas di wilayah Anda untuk menyelesaikan masalah ini. Misalnya, jika Anda berada di Jakarta Timur, Anda dapat menghubungi service kulkas Jakarta Timur, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *