Tanda-tanda Anda Sedang Hamil

Kehamilan adalah anugerah terindah bagi setiap wanita. Nah, bagi Anda yang sedang menanti kehadiran buah hati, dua belas tanda berikut bisa menjadi deteksi awal , apakah Anda hamil atau tidak.

Saat menanti kehamilan, biasanya berbagai hal muncul menjadi pertanyaan, “sudah telat 5 hari, apakah saya positif hamil?” atau “belakangan ini saya sering merasa mual, jangan-jangan saya  sudah hamil?” Sebenarnya, memang sangat penting mengenali ciri-ciri awal kehamilan. Tujuannya untuk mengetahui kehamilan sejak dini, agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti terjadinya keguguran pada kehamilan muda. Berikut tanda awal kehamilan.

Napas pendek

Anda rutin lari pagi berkeliling komplek minimal 45 menit, namun belakangan ini Anda merasa, napas lebih pendek, sehingga membuat Anda cepat terengah-engah. Bisa jadi, ini tanda Anda sedang hamil. Janin yang sedang tumbuh, memerlukan oksigen sehingga jatah oksigen Anda berkurang. Bersiaplah, hal ini akan terus berlanjut sepanjang kehamilan. Apalagi, saat janin tumbuh semakin besar dan mendesak paru-paru Anda.

Payudara membengkak

Payudara yang semakin bengkak dan terasa lebih lembut, warna aerola yang semakin gelap, serta guratan pembuluh darah yang timbul merupakan tanda awal kehamilan. Ada kalanya, Anda akan merasakan nyeri seperti saat menjelang menstruasi. Gunakan bra yang paling nyaman, sesuai ukuran payudara yang membesar, agar tidak mengganggu pernapasan Anda. Jika perlu, lepaskan bra saat Anda tidur.

Mudah lelah

Anda tiba-tiba jadi malas melakukan berbagai kegiatan. Rasanya seperti kehabisan tenaga, Anda hanya ingin tidur seharian.  Bisa jadi, ini adalah efek hormon yang berubah dalam tubuh. Biasanya, kelelahan ini terjadi pada trimester pertama kehamilan.

Mengidam

Tiba-tiba Anda tak bisa berhenti minum jeruk hangat atau es teh manis. Setiap saat Anda selalu menginginkan minuman tersebut atau makanan tertentu. Jika sebelumnya Anda tak pernah seperti ini, bisa jadi ini tanda kehamilan.

Sering buang air kecil

Anda jadi lebih sering ke toilet untuk buang air kecil? Perubahan hormon dalam tubuh memang berpengaruh pada peningkatan aliran darah, dan juga frekuensi buang air kecil Anda. Selain itu, saat hamil, tubuh menghasilkan ekstra cairan, sehingga kandung kemih bekerja lebih keras. Nah, saat ke toilet besok, mungkin anda perlu membawa alat tes kehamilan.

Mual dan muntah

Gejala ini identik dengan kehamilan. Peningkatan hormon hCG akan emnyebabkan wanita hamil merasa mual dan muntah di pagi hari, bahkan di siang dan di malam hari. Kebanyakan wanita hamil, akan merasa mual dan sering muntah pada usia kehamilan 6 minggu ke atas, namun ada juga yang mengalami hal itu lebih awal. Ketika mual dan sulit mengonsumsi makanan, tetap isi perut Anda dengan makanan ringan, seperti biskuit. Anda juga bisa meringankan rasa mual dengan mengonsumsi jahe.

Sakit kepala

Ini adalah salah satu tanda awal kehamilan, yang disebabkan oleh perubahan hormon. Banyak wanita yang mengeluhkan sakit kepala di awal kehamilan. Karena itu, berhati-hatilah mengonsumsi obat sakit kepala. Jika tak terpaksa, hindari mengonsumsi obat, Anda bisa menghilangkan sakit kepala dnegan berisitirahat dan tidur sejenak.

 Sakit punggung

Jika biasanyaa Anda tak pernah sakit punggung, lalu belakangan sering sakit punggung, bisa jadi ini adalah tanda bahwa ligamen Anda melonggar. Jika benar Anda hamil, ini akan terjadi selama kehamilan Anda, seiring bertambahnya berat tubuh dan postur tubuh yang berubah.

Kram perut

Anda mungkin mengira kram perut yang terjadi disebabkan karena PMS, tapi bisa juga ini tanda awal kehamilan.  Pasalnya, gejala kram perut  bisa jadi pertanda rahim melebar, untuk menyiapkan tempat bagi pertumbuhan bayi.

Konstipasi dan perut kembung

Jika belakangan anda sering merasa perut anda kembung (bloated), bisa jadi peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan sistem pencernaan melambat, yang berakibat pada kesulitan buang air besar dan perut terasa kembung.

Indra penciuman lebih sensitif

Ketika Anda merasa penciuman menjadi lebih tajam dari biasanya, bisa jadi Anda sedang dalam kehamilan. Hal ini disebabkan karena perubahan hormonal dalam tubuh anda.

Mood berubah-ubah

Anda jadi lebih sering marah atau bahkan sering emnangis tiba-tiba? Perubahan emosi yang terjadi, bisa jadi disebabkan perubahan hormon karena tubuh sedang beradaptasi dengan hormon yang baru.

Pusing dan pingsan

Gula darah rendah atau tekanan darah rendah seringkali menyebabkan wanita hamil merasa pusing, bahkan hingga pingsan. Pastikan Anda cukup makan dan tetap terhidrasi.

Bercak

Di awal kehamilan, Anda mungkin akan menemukan bercak darah dari vagina. Ini terjadi karena proses penempelan embrio pada dinding rahim. Ini adalah hal yang normal. Beristirahat dan berkonsultasi dengan dokter kandungan Anda bisa segera dilakukan, jika Anda mendapati kondisi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *