Tips Agar Bisa Memperpanjang Usia Ban Mobil

Ban memang menjadi salah satu komponen kendaraan  yang sangatlah penting sekali, dan juga langsung bersentuhan dengan yang namanya jalan raya. Selain itu itu banyak sekali berbagai macam fungsi dari ban, mulai dari berfungsi untuk meningkatkan kontrol, menjaga stabilitas mobil, berfungsi untuk meredam yang namanya guncangan, dan masih ada banyak lagi berbagai macam fungsi penting ban lainnya. Oleh karena itu, karena fungsi dari ban ini sangat penting sekali, terutama dalam menjaga performa ban tersebut, maka anda pun harus benar-benar merawat ban mobil dengan baik. Agar nantinya bisa membantu untuk memperpanjang usia ban, dan juga membuat ban menjadi lebih prima lagi saat digunakan.  Anda bisa menyimak beberapa info dan tips dibawah ini mengenai cara mudah untuk membantu memperpanjang usia pada ban mobil, diantaranya yaitu :

  • Menjaga tekanan udara pada ban

Tips pertama agar usia pada ban mobil bisa panjang adalah dengan menjaga tekanan udara. Karena ban mobil pastinya sudah memiliki standar tekanan angin sesuai dengan yang namanya kebutuhan dan juga beban dari kendaraan. Jika tekanan udara pada ban stabil, tentu saja akan semakin meningkatkan efisiensi dan juga membuat usia ban pun semakin panjang lagi.

  • Balancing

Anda juga bia melakukan yang namanya balancing untuk menjaga kesehatan ban mobil. Sebaiknya lakukan balancing setiap 1 tahun sekali, atau jika mobil sudah menempuh jarak sekitar 10 ribu km.

  • Jaga kebersihan ban

Menjaga kebersihan pada ban mobil pun sangat penting sekali untuk dilakukan. Terutama adalah menjaga kebersihan dari kerikil yang biasanya banyak menempel pada bagian sela-sela ban mobil. Karena kerikil pada sela-sela ban mobil tersebut bisa membuat ban menjadi mudah bocor dan juga aus.

  • Rotasi ban

Tips selanjutnya untuk menjaga dan merawat ban agar usianya lebih panjang adalah dengan melakukan rotasi. Anda bisa melakukan rotasi pada ban jika sudah menempuh jarak sekitar 10 ribu km.

  • Chek kondisi ban

Banyak sekali pemilik kendaraan yang sering membiarkan ban pada mobil kempis begitu aja. Padahal jika anda membiarkan ban mobil kempis atau kurang angin, bisa membuat ban mobil menjadi mudah rusak. Untuk itu, jangan lupa untuk rutin mengechek tekanan angin pada ban. Terlebih lagi berkendara dengan tekanan ban yang kurang pun pasti membuat anda kurang nyaman, dan juga bisa berbahaya.

Mudah sekali bukan cara agar anda bisa memperpanjang usia ban mobil. Untuk itu jangan lupa untuk langsung mencoba mempraktekkannya pada ban mobil anda. Supaya ban mobil anda usianya menjadi lebih panjang, dan juga nyaman serta aman dalam berkendaran. Tips menarik lainnya dalam dunia otomotif bisa anda simak hanya di infokendaraan.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *